top of page
Search
  • lintangbarat00

7 Makanan Unik Gorontalo yang Menggoyang Lidah

Tiap-tiap wilayah semestinya punyai makanan unik semasing. Baik itu makanan yang diwariskan sejak dahulu atau makanan baru hasil olahan rakyat ditempat. Apa pun itu, makanan unik wilayah dapat dibuktikan dapat kasih cita rasa serta sensasi khusus pada tiap-tiap lidah pencicipnya.


Seperti wilayah lain, Gorontalo lantas mempunyai beberapa makanan unik yang layak untuk di coba. Walaupun tidaklah terlalu kondang seperti makanan Jawa, hasil masakan asli wilayah ini gak bisa dilihat mata sebelah. Nah, biar kamu tak ingin tahu, dibawah ini 7 ragam makanan unik Gorontalo yang pastinya layak kamu kecap kala kamu tengah ada di Gorontalo.


1. Binte Biluhuta




Bila disimpulkan satu satu, jadi binte bermakna jagung sedang biluhuta bermakna siraman. Berarti binte biluhuta yaitu jagung siram atau juga bisa dijelaskan sup berisi jagung. Binte biluhuta dibuat dengan mencampurkan beberapa pipilan jagung serta sobekan ikan tuna dan parutan kelapa yang lantas dibumbui garam serta perasan jeruk nipis.

Binte biluhuta sendiri sebagai satu diantaranya makanan idola orang Gorontalo yang kerapkali disiapkan disaat malam. Buat kamu yang ingin mencicipinya, kamu dapat mendatangi beberapa restoran makanan unik Gorontalo atau ke warung-warung kecil yang menyebar di daerah Gorontalo.


2. Ilabulo


Meskipun sesaat tampak seperti pepes, ilabulo sebenarnya dibikin dari paduan sagu serta ati ampela. Kerapkali orang Gorontalo meyajikan menu makanan ini jadi lauk pauk pada acara-acara tradisionil yang diselenggarakan. Sehubungan jajanan tradisionil Gorontal yang satu ini mempunyai kandungan minyak yang tinggi, serbet lap tangan atau tissue jelas begitu dibutuhkan selesai kamu melahap ilabulo.


3. Ayam bakar iloni


Memanfaatkan ayam jadi bahan khusus pada suatu menu sajian tradisionil mungkin berulangkali kita dapatkan. Walaupun demikian, tetaplah cita rasa yang dibuat pastinya bakal tidak sama tergantung pada racikan bumbu serta teknik pemrosesan sajian itu. Seperti menu ayam bakar iloni sebagai satu diantaranya sajian idola unik wilayah Gorontalo yang acapkali disantap bersama-sama 1 mangkuk nasi hangat serta kangkung cah.


Ketidakcocokan sajian unik Gorontalo yang satu ini dengan menu ayam panggang yang lain yakni terdapat pada teknik pengolahannya. Bila pada menu lain ayamnya langsung dipanggang pas selesai dibikin bersih, jadi pada proses pengerjaan ayam bakar iloni, ayamnya musti dicampuri bumbu unik lebih dahulu serta di rendam memanfaatkan santan hingga serius meresap. Kemudian baru dapat masuk proses pemanggangan serta siap untuk disantap. Yakin deh, paduan bumbu unik yang ada di sajian ayam bakar iloni ini ditanggung dapat buat kamu kecanduan.


4. Tili Aya




Bila menu makanan unik Gorontalo yang satu ini sudah cukup jarang-jarang diketemukan. Tetapi, bila kamu pernah hadir beberapa tipe acara syukuran atau berbuka puasa bersama dengan di Gorontalo, jadi besar kemungkinan disana kamu bakal disuguhi dengan sajian Tili Aya. Kuliner asal Gorontalo ini mempunyai struktur yang lembut serta rasa yang unik. Kue ini termasuk ringan untuk dibikin cuma karena sebagai paduan dari gula merah, santan, serta telur.


5. Bilenthango


Bahannya basic ikan mujair, bilenthango sebagai satu diantaranya makanan unik Gorontalo yang enak serta begitu menaikkan nafsu makan. Sampai jangan bingung kala kamu berkunjung ke pesta-pesta yang ada pada Gorontalo serta acapkali mendapatkan sajian ini disuguhi.


Teknik membuatnya lantas dapat dijelaskan relatif ringan. Karena kamu perlu siapkan ikan mujair fresh, lalu membersihkan. Kemudian, irislah sisi perutnya hingga ke ujung atas serta bawah menuruti garis sampai ikan itu terlihat terbelah berubah menjadi dua sisi serta melebar. Lalu diatasnya kasih bumbu berwujud sayatan tomat, bawang merah, tumbukan cabe, serta kemiri.

Seterusnya mengambil potongan daun pisang serta simpan di bagian bawah ikan itu untuk jadikan alas sebelum kamu kerjakan penggorengan. Maksudnya yaitu biar dampak berlangsungnya gosong dapat cukup terminimalisir.


6. Sate Tuna




Sehubungan Gorontalo terhitung satu diantaranya wilayah di Indonesia yang dekat sama daerah perairan, olahan hasil laut di sini lantas cukup melimpah. Terlebih olahan hasil laut yang bahannya basic ikan tuna. Satu diantaranya misalnya yaitu sate tuna.

Bila disaksikan dari penampakannya dapat dijelaskan tak ada perbedaannya dengan sate umumnya. Cuma tidak sama pada berbahan saja. Bila sate biasanya memanfaatkan daging sapi, kambing, atau ayam, jadi makanan unik Gorontalo yang satu ini malah memanfaatkan daging dari ikan tuna.


Nah, jikalau kamu akan nikmati sajian sate tuna, pastikanlah kamu menggigit dagingnya

dengan pelan-pelan. Bila tak, jadi bisa-bisa dagingnya lepas dari tusuk serta jatuh ke bawah. Karena daging ikan tuna memang mempunyai struktur yang lembut, tak seperti daging lainnya.


7. Kue Kerawang


Paling akhir, makanan unik Gorontalo yang tentunya senantiasa ada pada tiap-tiap perayaan hari raya idul fitri yaitu kue kerawang. Dijelaskan kerawang lantaran di bagian atas kue kering ini sendiri ada hiasan yang kebanyakan acapkali difungsikan pada satu diantaranya style kerajinan unik Gorontalo, yakni karawo. Bab rasa mungkin dapat dijelaskan persis seperti kue-kue kering yang lain. Hanya beda pada hiasannya saja.

6 views0 comments
bottom of page