top of page
Search
  • lintangbarat00

8 Jajanan Ciri khas Kota Bandung yg Melegenda Hingga Saat ini

Buat kamu peminat kuliner, kota Bandung tentu saja tawarkan sejuta pesona untuk diincar bermacam style kulinernya, baik itu dari jajanan murah hingga makanan mahal di cafe terkenal. Nah, untuk kamu yg menyatakan sukai sekali jajan, tersebut disini jajanan ciri khas kota Bandung yg paling enak serta terbanyak dicari untuk di nikmati.


1. Mie kocok




Dapat di katakan makanan berkuah ini cuman dapat kamu dapatkan di Bandung. Kombinasi mie pipih, tauge serta kulit sapi dengan kuahnya sangatlah merayu ini paling enak di nikmati saat panas dengan penambahan sambal pedas namun juga kerupuk aci. Penjual mie kocok yg tenar di Bandung serta dapat kamu datangi misalnya seperti Mie Kocok Mang Dadeng yg berada di jalan Banteng serta mie kocok yg berada di Jalan Kebon Kawung.


2. Surabi oncom


Makanan bahannya basic tepung terigu ini terlalu serasi dikonsumsi saat pagi hari maupun sore mendekati malam. Dengan taburan oncom yg udah di masak dengan rempah-rempah terlalu nikmat untuk dikonsumsi. Saat ini, jenis surabi ini udah bermacam, tetapi buat kamu yg lidahnya tradisionil, surabi oncom terus model rasa yg paling juara. Penjual surabi rata-rata banyak diketemukan dipinggir-pinggir jalan, tetapi yg tenar sekarang ini ada di wilayah Setiabudi. Dikit bocoran pun, penjual surabi oncom yg paling mantap sekarang ini berada di wilayah Sukahaji, Gegerkalong, Bandung.


3. Colenak


Mungkin masih ada sekian banyak orang yg belum mengetahui apakah itu colenak. Jadi, colenak sendiri sebagai kependekan dari dicocol enak, adalah makanan yg dibikin berbahan basic tape singkong atau peuyeum yg disiram dengan kuah gula merah serta taburan kelapa parut di atasnya. Cemilan ini paling enak apabila di nikmati sekalian minum teh panas di sore hari sekalian santai. Sempat coba?


4. Siomay serta batagor




Makanan sesudah itu siomay serta batagor. Karena sangat gurih serta enaknya, makanan ini tidak sekedar tenar di Bandung, tapi hampir di seluruhnya wilayah di Indonesia. Bila orang Bandung sendiri mengatakan siomay dengan baso tahu walaupun sebenarnya didalamnya kecuali siomay, ada tahu, pare, kol gulung, tahu goreng, kentang, namun juga telur. Sedang batagor sendiri sebagai model dari baso tahu yg digoreng (dipersingkat batagor). Ke dua style cemilan ini saling dibumbui kacang serta dapat pula dikasih penambahan kuah. Sekarang ini, siomay atau batagor yg tenar adalah Batagor Kingsley (Kingsley) yg berada di Jalan Veteran maupun Burangrang.


5. Lotek serta karedok


Sesungguhnya ke dua makanan ini terbagi dalam style sayuran yg hampir mirip, tetapi lotek rata-rata disiapkan dengan sayuran yg udah masak sedang karedok disiapkan dengan sayuran yg masih mentah. Lotek serta karedok saling dibumbui ulekan kacang serta bumbu-bumbu yang lain seperti kencur, bawang putih, cabe rawit, garam, gula merah. Makanan ini sangatlah sesuai buat anda yang suka sayuran serta buat vegetarian. Untuk mendapat makanan ini, tempat yg cukup tenar adalah wilayah Kalipah Apo serta Jalan Badak Singa.


6. Cireng serta cilok


Ke dua makanan ini saling bahannya basic tepung tapioka alias aci. Yg satu digoreng (cireng : aci digoreng) serta yg satunya dikukus (cilok : aci dicolok).

Makanan murmer ini sangatlah simpel diketemukan ditepi jalan terutaman untuk jajanan anak sekolah. jenis dari cireng serta cilok juga mulai bermacam dengan bermacam isian serta metode penyajian.


7. Es lilin




Makanan yg satu ini cukup melegenda hingga jadikan satu lagu. Dahulu, rata-rata penjualnya bawa sama dengan gerobak keliling serta disebarkan dari kampung ke kampung. Tetapi, sekarang ini cukup sukar untuk beli es lilin yg ditawarkan keliling sebab pamornya yg kalah dengan es cream yg di jual di minimarket maupun warung-warung.


8. Bandrek serta bajigur


Ke dua style minuman ini terlalu enak apabila di nikmati waktu hujan sebab rasa-rasanya yg hangat serta menentramkan. Apabila sukai dengan yg hangat pedas, kamu semestinya akan menentukan bandrek, serta sebaliknya apabila sukai yg hangat manis gurih semestinya kamu akan menentukan bajigur. Ada banyak yg jual ke dua minuman ini lewat cara keliling rata-rata pun jual kacang, ciu (aci cau atau tepung tapioka pisang) serta jagung rebus. Tetapi apabila sulit cari yg jualan keliling, saat ini juga ada yg paket praktis.




3 views0 comments
bottom of page